Karena sadar diri sebagai Blogspotter newbie, saya hampir tidak pernah membahas masalah Blogspot di blog ini. Apalagi yang berkaitan dengan SEO. Pengalaman yang berhubungan dengan komunitas blog gratis tersebut pun paling-paling yang berhubungan dengan dummy blog semata. Namun kali ini saya tergoda untuk membahasnya karena satu-satunya blog “serius” (non-dummy) yang saya buat di Blogspot sejak beberapa minggu terakhir berhasil nangkring di posisi-posisi strategis mesin pencari (baca: ranking 1-2) untuk semua variasi kata kunci yang dikejar. Persaingan di masing-masing kata kunci itu sendiri berkisar antara 1 juta hingga 3 juta dengan target internasional. Sekarang yang menjadi pertanyaan, seperti apa sebenarnya SEO untuk Blogspot? Apakah sama saja dengan situs-situs biasa? Atau kah masih ada udang di balik batu yang harus ditangkap, digoreng, dan dimakan terlebih dahulu agar bisa menguasai ilmu per-SEO-an di Blogspot?
Kembali ke masalah udang Blogspot, sebenarnya sama sekali tidak ada perbedaan dalam proses SEO di Blogspot dengan situs-situs lainnya. On-page SEO dan backlink tetap yang utama.
Yang mungkin menjadi kendala adalah kurang luwesnya Blogspot untuk dimodifikasi. Karena merupakan layanan gratis dari pihak ketiga, mau tidak mau kita terganjal keterbatasan-keterbatasan yang mereka miliki.
Penulisan judul halaman dan meta tag misalnya. Dibandingkan dengan blog yang menggunakan script Wordpress di hosting sendiri, terasa sekali kurang optimalnya pemanfaatan kedua elemen tersebut untuk proses SEO Blogspot. Demikian pula kode-kode CSS yang pada template Blogspot rata-rata diselipkan di bagian header. Selain memperbesar ukuran halaman, juga mengakibatkan poin SEO untuk bagian header halaman berkurang.
Menurut kesimpulan saya pribadi, kunci utama SEO di Blogspot adalah pemilihan / penggunaan template yang tepat. Tidak sekedar menarik, namun juga search engine-friendly and SEO-optimized. Kenapa? Kembali lagi pada keterbatasan modifikasi pada mesin Blogspot, sehingga, suka tidak suka, porsi efek template yang digunakan menjadi lebih besar jika dibandingkan pada blog atau situs lain.
Beberapa hal lain yang patut dijadikan pertimbangan (di luar parameter-parameter on-page dan off-page SEO dasar):
- Penggunaan meta tag description dan keyword.
- Penggunaan label / tag.
- Penggunaan label / tag cloud.
- Penggunaan daftar archive.
Mungkin ada yang mau menambahkan?
0 komentar:
Post a Comment